Permainan
Matematika ala "MATHPOLY"
Mathpoly merupakan media pembelajaran yang berupa permainan monopoli. Seperti
namanya, mathpoly digunakan untuk mata pelajaran matematika. Dalam permainan
mathpoly,peserta didik diharapkan mengerti dengan logika matematika
Permainan mathpoly bisa kita gunakan daalam pembelajaran "LOGIKA MATEMATIKA" KELAS X,
Permainan mathpoly bisa kita gunakan daalam pembelajaran "LOGIKA MATEMATIKA" KELAS X,
Bahan :
1. Sediakan kertas karton dengan ukuran monopoly,
2.Gambar-gambar yang berhubngan dengan matematika,
3. kertas foto untuk pengganti kartu kesempatan dan dana umum
4. Dadu dan alat kocokannya
5. Mainan anak-anak untuk anak jalan
6, Lem sebagai perekat
Cara membuat:
Buatlah meja mathpoly layaknya monopoli
Aturan Permainan:
Di dalam kartu kesempatan dan dana umum terdapat pertanyaan-pertanyaan matematika yang harus dijawab oleh peserta didik dan terdapat hadiah jika menjawab benar dan hukuman jika menjawab salah. Berikut langkah-langkah penggunaan mathpoly dalam pembelajaran:
1. Sediakan kertas karton dengan ukuran monopoly,
2.Gambar-gambar yang berhubngan dengan matematika,
3. kertas foto untuk pengganti kartu kesempatan dan dana umum
4. Dadu dan alat kocokannya
5. Mainan anak-anak untuk anak jalan
6, Lem sebagai perekat
Cara membuat:
Buatlah meja mathpoly layaknya monopoli
Aturan Permainan:
Di dalam kartu kesempatan dan dana umum terdapat pertanyaan-pertanyaan matematika yang harus dijawab oleh peserta didik dan terdapat hadiah jika menjawab benar dan hukuman jika menjawab salah. Berikut langkah-langkah penggunaan mathpoly dalam pembelajaran:
- Bagi
kelas menjadi 4 kelompok
- Minta
salah satu peserta didik sebagai bank ( tugas bank adalah sebagai penilai
apakah jawaban pemain benar atau salah, untk jawaban benar di beri point
dan untuk jawaban salah poin pemain di kurangi sesuai ketentuan)
- 4
kelompok akan berperan sebagai pemain Setiap kelompok diberi modal awal
dari bank berupa nilai
- Guru
berperan sebagai mediator dan hakim yang yang memandu jalanyya permainan
peserta didik
- Setiap
kelompok bergantian melemparr dadu
- Setiap
pemain dalam kelompok bergantian untuk melempar dadu.
- Jika
bidak berhenti di kotak kesempatan atau dana umum, maka pemain harus
mengambil kartu dan mendiskusikan jawaban dari pertanyaan dalam kartu
bersama teman kelompoknya dan menunjukkan jawaban kepada guru. Guru yang
memutuskan benar atau tidaknya jawaban peserta didik
- Kelompok
yang menang adalah kelompok yang memiliki nilai terbanyak
Semoga media
yang saya buat ini dapat memberikan inspirasi untuk pembaca sekalian
dalam membuat media pembelajaran.
terimakasih infonya
BalasHapus